Sejarah dan pengertian Anime, Kartun Buatan Jepang Populer

Sejarah dan pengertian Anime
Sejarah dan pengertian Anime – Anime adalah animasi buatan Jepang, yang kini berkembang menjadi bentuk budaya populer, dengan basis penggemar yang cukup banyak.  Berikut ini adalah Sejarah dan pengertian Anime barkulannews.com
Anime tidak hanya dipandang sebagai sarana hiburan semata, sebagian besar orang bahkan menganggap kartun tersebut sebagai tontonan hari-hari, lantaran cerita kerap menginspirasi. Meskipun dikategorikan sebagai kartun, anime sangat berbeda dengan serial animasi buatan Amerika atau negara lainnya. Selain punya ciri khas pada desain karakternya, cerita yang disajikan dari anime sangat beragam.

Pengertian Anime

Secara bahasa, pengertian anime adalah sebutan orang Jepang untuk animasi. Animasi di sini bisa merujuk pada animasi yang dibuat oleh tangan secara manual maupun menggunakan teknologi komputer. Menurut situs Kotaku.com, dalam bahasa Jepang anime ditulis sebagai “アニメ” (secara harfiah berarti anime), dan merupakan kependekan dari kata animasi atau animeshon. Istilah anime saat ini mulai meluas maknanya, karena tidak hanya mewakili produksi animasi dari Jepang saja.

Sejarah Singkat Anime

Sebelum menjadi salah satu sektor industri di Jepang, awalnya anime hanyalah sarana yang digunakan para seniman Jepang untuk bereksperimen dengan teknik animasi. Sejarah mencatat, anime mulai berkembang di Negeri Sakura pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Melansir Japanjunky, anime Jepang pertama dalam bentuk paling dasar, diperkirakan telah dibuat pada tahun 1906, tetapi legitimasi klaim itu banyak diperdebatkan oleh beberapa orang.

Perkembangan Anime Saat Ini

Sejak stasiun TVRI menayangkan anime pertama di Indonesia berjudul Wanpaku Omukashi Kum Kum sekitar tahun 1970-an, popularitas serial animasi Jepang semakin meningkat. Sejak saat itu, ada beberapa judul anime populer yang ditayangkan di stasiun televisi Tanah Air. Saat ini penggemar anime di berbagai belahan dunia dapat menonton anime favoritnya melalui sejumlah platform seperti Netflix atau kanal Youtube dengan lisensi resmi misalnya Muse Indonesia. Genre anime pun kian beragam setiap waktunya. Mulai dari anime yang mengangkat kisah petualangan dengan aksi memukau, sampai anime bertemakan isekai (dunia lain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>