Sejarah anime Sejak Tahun 1907 Sampai Mewabah ke Indonesia

Sejarah anime Sejak Tahun 1907

Sejarah anime Sejak Tahun 1907 – Para penggemar kartun Jepang atau anime wajib mengetahui sejarah anime, mulai dari awal perjalanannya hingga sampai mewabah ke Indonesia. Beragam tontonan yang dapat dinikmati hingga saat ini, memiliki kisah panjang yang ternyata turut memberikan kontribusi terhadap kemajuan industri perfilman Negeri Matahari Terbit tersebut.

Sejarah Anime

Kata Anime tampil dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter yang merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris ‘ Animation’ dan di ucapkan sebagai ‘ anime-shon’ Anime pertama kali dibuat pada tahun 1907 dengan durasi gambar bergerak selama tiga detik saja. Sepuluh tahun setelahnya, pada tahun 1917 muncul sebuah karya animasi bisu dengan durasi lima menit oleh Oten Shimokawa melalui anime berjudul Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki.

Oten mengklaim meski berdurasi lima menit, namun proses pengerjaan film anime ini memakan waktu hingga enam bulan. Oten bersama Jun’ichi Kouchi dan Seitaro Kitayama, merupakan generasi animator Jepang pertama sehingga dijuluki sebagai Bapak Anime. Kemudian tahun 1927, Amerika Serikat hadir dengan film animasi bersuara, pun di tahun yang sama Jepang melakukan hal serupa. Jepang menciptakan karya anime Noburo Ofuji, yang telah berkembang menjadi film animasi singkat lengkap dengan lagu dan suara. Sejak saat itu, Jepang serius dalam mengembangkan karya anime dan terus berkembang hingga pada zaman Perang Dunia ke-II. Dua karya seperti Momotaro no Umiwashi (1943) beserta sekuelnya, Momotaro: Umi no Shinpei (1945) hadir sebagai film anime propaganda berdasarkan hasil adaptasi cerita legenda terkenal Jepang.

Baca Juga : Anime Genre Romance Terbaik Yang bikin Kamu jadi Baper!

Sejarah Hadirnya Anime di Indonesia

Anime jepang mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970-an. Wanpaku Omukashi Kumu merupakan anime 26 episode yang dapat dinikmati masyarakat Indonesai melalui tayangan di TVRI. Di Indonesia sendiri perkembangan dunia pertelevisian mulai meningkat, muncul satu persatu stasiun televisi baru swasta yang menghiasi televisi tabung rakyat.

Seiring dengan kemunculan stasiun swasta seperti RCTI, anime perlahan kembali mengudara seperti serial Doraemon yang disiarkan setiap Minggu pagi. Tak menyangka, respons masyarakat Indonesia begitu luar biasa menyambut tontonan Doraemon. Mulai dari anak kecil potensiutamamedan.com hingga orang dewasa gemar mengikuti anime dengan ikon robot lucu menggemaskan yang punya pintu ke mana saja.

Tak mau ketinggalan, menyusul popularitas Doraemon, pada 1995, Indosiar didirikan dan ikut menyiarkan anime Dragon Ball yang juga tayang setiap Minggu pagi. Film anime ini kebanyakan diadaptasi dari manga (komik), namun ada juga beberapa film anime yang tidak juga diadaptasi dari manga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>